13 Januari 2008

Kapolri Datang, Aspol Bersolek...

USAI salat subuh, Ahad (13/1), dari corong Masjid Jihadul Mucharom, Markas Kepolisian Kota Besar (Mapoltabes) Barelang, terdengar pemberitahuan yang ditujukan kepada seluruh penghuni asrama polisi (Aspol) Baloi, agar pagi itu serentak bergotong-royong membersihkan lingkungan sekitarnya.

Selang beberapa jam kemudian, lebih dua kali imbauan itu disuarakan. Sekitar pukul 07.00 WIB, sejumlah anggota Bintara Polri laki-laki dan wanita yang baru mengikuti masa magang, tampak bahu membahu bekerja membersihkan selokan, mengangkut sampah dan meratakan tanah di kiri kanan jalan menuju Mess Bhayangkara, tempat mereka beristirahat. Mereka diawasi langsung oleh seniornya.

Tak lama, satu per satu warga komplek pun mulai menggerakkan badan untuk mempercantik areal kediamannya masing-masing. Kegiatan itu terkait persiapan menjelang rencana kunjungan Kapolri Jenderal Sutanto di Batam, Kamis depan. Hal itu dibenarkan oleh Kapoltabes Barelang, Kombes Slamet Riyanto melalui Kabag Bina Mitra, Kompol Nunung Saefuddin menjawab pesan singkat yang saya kirimkan, pagi kemarin.

Aksi bersih-bersih juga pernah digelar di Aspol itu sebelum perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-62, Agustus lalu. Deretan perumahan diwarnai lebih jreng dan seragam, dipasang umbul-umbul serta pada gapura dihiasi aneka gambar maupun simbol perjuangan. Untuk memastikan suasana Aspol sudah kinclong, Senin (6/8) malam itu, kapoltabes yang rela merogoh kocek membantu pengadaan cat, bermobil mengelilingi pemukiman yang dihuni anak buahnya itu. Tak tanggung-tanggung, bagi yang kedapatan jorok diancam bakal ditancapi bendera hitam. Nah lo...

Seperti dikemukakan Kapolda Kepri, Brigjen Sutarman usai acara HUT Satpam ke-27 di Sport Hall Stadion Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Senin (7/1) lalu. Kapolri bersama sederet jenderal berbintang diagendakan bakal menyerahkan empat kapal patroli cepat tipe C bantuan Amerika kepada Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kepri. "Kita masih butuh banyak kapal tipe C, terutama tipe A. Polda sendiri idealnya mengendalikan limabelas kapal," ungkap Sutarman.

Lewat SMS, seorang perwira yang kini bertugas di Badan Pembinaan Keamanan (Babinkam) Polri, Ditpolairud Mabes Polri, kepada saya mengatakan. Nantinya bakal ada dua armada kapal patroli polisi menyusul didatangkan dari Jepang. Kapal modern itu didukung teknologi terbaru berukuran lebih besar dari kapal buatan Amerika yang dilengkapi sistem navigasi internet itu.(uka suara dinata)

Tidak ada komentar: