21 Juli 2008

Durian Hamil Durian

BUKAN sedang menggelar hajatan atau arisan, tapi kediaman yang dihuni oleh pasangan suami istri, Misli (33) dan Eldasari Siregar (32) di Perumahan Bida KSB Blok H Nomor 33 tampak ramai dikunjungi warga sekitar. Terang saja rumah yang masih dalam tahap renovasi itu belakangan kerap dikerubuti para tetangga, pasalnya sebagian orang mengaku penasaran ingin melihat langsung buah durian aneh yang sore kemarin masih disimpan di atas lemari samping televisi.

"Mau saya koleksi, sekaligus ingin tahu berapa lama tahannya," kata Misli dengan dialek Jawa cukup kental kepada saya yang bertandang ke rumahnya, Ahad (20/7). Pria asal Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara itu lalu menceritakan ikhwal buah durian ajaib yang menurutnya unik. Awalnya pada Sabtu (19/7) sekitar pukul 20.00 WIB, ia dan keluarga membeli durian di dekat Simpang Princes, tak jauh dari tempat tinggalnya yang masih harus ditempuh dengan melewati jalan tanah.

"Kami beli tiga biji, sekilonya sepuluh ribu rupiah. Kebetulan untuk dimakan rame-rame dalam rangka merayakan ulang tahun anak saya," ulas lelaki yang dikenal telaten bekerja menggarap proyek bangunan. Tiga buah durian lalu diboyongnya pulang, lantas bareng kerabat buah mirip bola berbentuk oval dan berduri itu lekas dibelah. "Dua biji sudah dimakan, pas membuka yang ini (melirik buah durian yang dipegang) kok ada buah duriannya lagi di dalam, berduri dan keras," bebernya.

Praktis, pesta ulang tahun pertama bagi Aulia Trimisada, si bungsu dari tiga bersaudara "buah hati" Misli dan Eldasari itu mendadak heboh. "Tak ada firasat apa-apa sebelumnya, dan saya rasa durian seperti ini belum pernah ada. Wong penjualnya saja tak tahu. Seumur saya baru inilah, padahal di kampung pun memang gudangnya durian," tutur Misli yang sore itu berkaos hitam stelan celana jins biru, juga bertopi. "Rencana mau dibikinkan tempat pakai kaca, biar ada seni," timpalnya.

Dari bentuk luarnya, buah durian yang kini jadi tontonan warga itu tak jauh beda dari buah durian pada umumnya. Kulitnya keras berwarna kecokelatan dan berduri, hanya saja buah durian ajaib yang ditemukan Misli, di bagian tengah isi dalamnya terdapat buah durian dalam ukuran kurang lebih satu kepalan tangan orang dewasa, berlapis kulit keras dan warna sama seperti buah durian lainnya yang sekarang lagi tren dan bisa dijumpai di sejumlah titik lokasi dagangan kaki lima di pinggir jalan. Aneh tapi nyata kan?(uka suara dinata)

Tidak ada komentar: